6. ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA TATARAN EJAAN YANG DI
SEMPURNAKAN PADA LATAR BELAKANG SKRIPSI MAHASISWA MATEMATIKA
NAMA : MURSIDA
KELAS : 5C
NPM : 126211304
Pada
tugas ini saya menganalisis sebuah skripsi yang di buat oleh Eka Jamaulis
dengan nomor peserta mahasiswa (npm) :096410386 ,dengan judul skripsinya adalah
: penerapan model pembelajaran kooperatif tipe number heads together(nht) untuk
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas viii smps al-hasanah pandau
jaya.
Pada
skripsi ini saya hanya menemukan beberapa kesalahan pada tataran ejaan yang di
sempurnakan pada latar belakang skripsi tersebut. Antara lain sebagai berikut :
A.
Kesalahan Pada Penulisan Kata Dasar
1.
Kata
matimatika yang seharusnya matematika
Menurut
KBBI, yang dibuat oleh Pusat Bahasa Depdiknas. 2008. Kamus
Besar Bahasa Indonesia (EdisiKeempat). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Pada halaman : MM, mengartikan bahwa kata “matematika” adalah:
ilmu tentang bilangan , hubungan antar bilangan , dan prosedur operasional yang
digunakan dalam penyelesaian masalah mengenai bilangan.
Sedangkan
kata “Matimatika” menurut KBBI, yang dibuat oleh Pusat Bahasa Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (EdisiKeempat).
Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Tidak di temukan kata
tersebut sehingga dapat saya artikan bahwasannya kata tersebut tidak mempunyai
arti dan makna sebab tidak terdapat pada KBBI.
B.
Kesalahan Pada Penulisan Huruf Besar Atau Kapital
2.
“dalam
pembelajaran Kooperatif Tipe menuntut siswa untuk lebih kreatif”
Dalam
buku M.K ,Abdullah.2011. Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) :untuk pelajar
,mahasiswa dan Umum. Jakarta :Sandro Jaya. Menyebutkan dalam bukunya bahwa
huruf besar/ kapital di pakai sebagai huruf pertama pada kata awal kalimat
,huruf besar di pakai sebagai kutipan langsung , huruf kapital digunakan pada
gelar kehormatan , pada nama jabatan dan beberapa lainya. Jadi dapat saya
simpulkan bahwa kalimat di atas saya karena meletakkan huruf kapital di
tengah-tengah kalimat. Kalimat yang benarnya adalah:
2 “dalam
pembelajaran kooperatif tipe menuntut siswa untuk lebih kreatif”
C.
Kesalahan Penulisan Tanda Baca
3.
“sistematis
, kritis , dan kreatif ., serta kemampuan kerja sama “
Dalam buku M.K ,Abdullah.2011. Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) :untuk pelajar
,mahasiswa dan Umum. Jakarta :Sandro Jaya. Menyebutkan dalam bukunya bahwa
tanda titik digunakan untuk mengakhiri kalimat yang bukan pertanyaan atau
seruan. Beberapa pembagian penggunaan tanda titik, tanda titik digunakan di
belakang nama orang, tanda titik di pakai di belakang nama orang,gelar, nama
gelar ,jabatan, pangkat ,dan sapaan.
Jadi dapat saya simpulkan bahwasanya pada kalimat di atas mengelami
kesalahan karena menggunakan 2 buah tanda baca. Jadi kalimat yang benarnya
adalah :
3. “sistematis , kritis , dan kreatif . Serta kemampuan
kerja sama “
DAFTAR PUSTAKA
I.
Pusat Bahasa Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (EdisiKeempat).
Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
II.
Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Cetakan
Kedua. Surakarta: Yuma Pustaka
III.
M.K ,Abdullah.2011. Ejaan
Yang Disempurnakan (EYD) :untuk pelajar ,mahasiswa dan Umum. Jakarta
:Sandro Jaya.
IV.
Jamaulis, Eka .2013. Penerapan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together(NHT) Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Smps Al –Hasanah Pandau
Jaya :Skripsi Matematika. Universitas Islam Riau.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar