Rabu, 19 November 2014

6. ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA TATARAN EJAAN YANG DI SEMPURNAKAN PADA LATAR BELAKANG SKRIPSI MAHASISWA MATEMATIKA



6. ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA TATARAN EJAAN YANG DI SEMPURNAKAN PADA LATAR BELAKANG SKRIPSI MAHASISWA MATEMATIKA

NAMA  : MURSIDA
KELAS : 5C
NPM : 126211304

Pada tugas ini saya menganalisis sebuah skripsi yang di buat oleh Eka Jamaulis dengan nomor peserta mahasiswa (npm) :096410386 ,dengan judul skripsinya adalah : penerapan model pembelajaran kooperatif tipe number heads together(nht) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas viii smps al-hasanah pandau jaya.
Pada skripsi ini saya hanya menemukan beberapa kesalahan pada tataran ejaan yang di sempurnakan pada latar belakang skripsi tersebut. Antara lain sebagai berikut :

A.    Kesalahan Pada Penulisan Kata Dasar
1.      Kata matimatika yang seharusnya matematika

Menurut KBBI, yang dibuat oleh Pusat Bahasa Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (EdisiKeempat). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Pada halaman : MM, mengartikan bahwa kata “matematika” adalah: ilmu tentang bilangan , hubungan antar bilangan , dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian masalah mengenai bilangan.
Sedangkan kata Matimatika” menurut KBBI, yang dibuat oleh Pusat Bahasa Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (EdisiKeempat). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Tidak di temukan kata tersebut sehingga dapat saya artikan bahwasannya kata tersebut tidak mempunyai arti dan makna sebab tidak terdapat pada KBBI.
B.     Kesalahan Pada Penulisan Huruf Besar Atau Kapital
2.      “dalam pembelajaran Kooperatif Tipe menuntut siswa untuk lebih kreatif”
Dalam buku M.K ,Abdullah.2011. Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) :untuk pelajar ,mahasiswa dan Umum. Jakarta :Sandro Jaya. Menyebutkan dalam bukunya bahwa huruf besar/ kapital di pakai sebagai huruf pertama pada kata awal kalimat ,huruf besar di pakai sebagai kutipan langsung , huruf kapital digunakan pada gelar kehormatan , pada nama jabatan dan beberapa lainya. Jadi dapat saya simpulkan bahwa kalimat di atas saya karena meletakkan huruf kapital di tengah-tengah kalimat. Kalimat yang benarnya adalah:
2 “dalam pembelajaran kooperatif tipe menuntut siswa untuk lebih kreatif”
C.    Kesalahan Penulisan Tanda Baca
3.      “sistematis , kritis , dan kreatif ., serta kemampuan kerja sama “
Dalam buku M.K ,Abdullah.2011. Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) :untuk pelajar ,mahasiswa dan Umum. Jakarta :Sandro Jaya. Menyebutkan dalam bukunya bahwa tanda titik digunakan untuk mengakhiri kalimat yang bukan pertanyaan atau seruan. Beberapa pembagian penggunaan tanda titik, tanda titik digunakan di belakang nama orang, tanda titik di pakai di belakang nama orang,gelar, nama gelar ,jabatan, pangkat ,dan sapaan.  Jadi dapat saya simpulkan bahwasanya pada kalimat di atas mengelami kesalahan karena menggunakan 2 buah tanda baca. Jadi kalimat yang benarnya adalah :
3. “sistematis , kritis , dan kreatif . Serta kemampuan kerja sama “

DAFTAR PUSTAKA

       I.            Pusat Bahasa Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (EdisiKeempat). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
    II.            Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Cetakan Kedua. Surakarta: Yuma Pustaka
 III.            M.K ,Abdullah.2011. Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) :untuk pelajar ,mahasiswa dan Umum. Jakarta :Sandro Jaya.
 IV.            Jamaulis, Eka .2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together(NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Smps Al –Hasanah Pandau Jaya :Skripsi Matematika. Universitas Islam Riau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar